Persiapan dan Langkah-langkah Memulai Usaha Konter Pulsa

Bisnis konter pulsa bisa dimulai dengan cara yang sangat mudah dan fleksibel. Anda tinggal menentukan, ingin membuka konter berskala kecil terlebih dahulu atau skala besar. Atau bahkan tanpa membuka konter alias berjualan pulsa elektrik saja.
 
Hal yang perlu anda perhatikan bila ingin membuka konter pulsa adalah faktor lokasi. Ini yang paling utama dan penting. Meskipun kini hampir semua orang memiliki telepong seluler, tetapi kita juga harus melihat demografi masyarakat dekat lokasi. Misal, apakah anda mau buka konter di wilayah perumahan ? Meskipun mungkin anda satu-satunya konter pulsa di wilayah perumahaan, tetapi apakah orang-orang perumahan tersebut mayoritas kelas atas ? Ini tentu kurang potensial karena masyarakat ekonomi atas jarang membeli pulsa di konter, mereka terbiasa menggunakan fasilitas bank untuk memenuhi kebutuhan mereka.
 
Nah, pada artikel ini saya akan membahas mengenai step membuka usaha konter pulsa berikut perisapannya.

1. Menentukan lokasi

Pilihan terbaik memilih lokasi adalah di pinggir jalan, dekat dengan pusat keramaian seperti universitas, sekolah, rumah makan, taman dsb. Namun bila tidak ada pilihan lain seperti tidak ada biaya sewa tempat, anda juga bisa membuka konter pulsa rumahan terlebih dahulu. Justru menurut saya cukup bagus bagi pemula sehingga tidak perlu menyewa tempat dan bisa menjadi ajang pengenalan bisnis pulsa tanpa takut rugi.

Perlu diingat bahwa melihat demografi masyarakat juga bisa memberi celah. Misal, meskipun lokasi konter jauh dari universitas, tapi di daerah anda banyak kost-kostan mahasiswa serta karyawan. Mereka umumnya konsumtif dalam penggunaan pulsa. 

 
Anda yang memiliki modal tipis, bisa membuka konter di rumah (depan rumah). Tidak usah khawatir, pelanggan pulsa pasti ada karena mereka umumnya tidak pilih-pilih konter. Usaha konter pulsa rumahan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. 
 

2. Membeli Peralatan dan Perlengkapan Konter Pulsa

Contohnya :
 
  • Etalase konter (kisaran harga Rp 500 – 900 ribu), anda juga bisa beli yang bekas.
  • Kursi Pajangan (Display) Kartu Perdana dan Handphone Rp 16.500 per pcs.
  • Rak display mundo (tidak usah beli bila tidak menjual aksesoris Rp 200-300 ribuan)
  • Rak gantungan kunci kecil (tidak berlaku bila tidak menjual aksesoris, Rp 80 – 100 ribuan)
  • Hengpon (handphone maksudnya ^_^, yang jadul juga bisa atau gunakan hp pribadi)
  • Sim micro cutter (untuk memotong SIM menjadi micro/kecil, harganya Rp 55 ribuan)
  • Spanduk/banner, fungsinya untuk menambah daya tarik konter pulsa anda. Berdasarkan pengalaman, di daeraha saya harga banner per meternya adalah Rp 30 ribu. Pesan saja ukuran 1, 5 meter x 1 meter, untuk desain bisa anda buat sendiri via photshop atau menggunakan jasa desain di jasa percetakan spanduk di daerah anda. Kita juga bisa meminta spanduk ke Grapari Telkomsel atau Galeri Indosat.
Untuk menambah wawasan, beragam jenis dan harga peralatan Konter Pulsa secara lengkap bisa anda lihat di artikel ini “Jenis dan Harga Peralatan Penunjang Usaha Konter Pulsa”